Efektifitas Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi Pemuda Gereja
Keywords:
media sosial, signifikansi, skala familiaritas, skala favorabilitas, sarana komunikasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial
Facebook, Twitter, Whatsapp, Intagram dan Line, dapat digunakan sebagai sarana
komunikasi pemuda di gereja. Penelitian ini dilakukan terhadap 762 mahasiswa Kristen
Universitas Pelita Harapan, Karawaci. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
Analisa Citra dengan Skala Familiaritas dan Skala Favorabilitas. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya persentase beberapa media sosial yang digunakan lebih tinggi dari
media sosial lainnya sehingga hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi
akademisi, peneliti dan praktisi pemimpin gereja seperti pendeta, pastor, majelis, dan
penatua.
References
Alo, Liliweri. (1994). Perspektif Teoritis Komunikasi Antar Pribadi, suatu Pendekatan ke arah
Psikologi Sosial Komunikasi, 8-11. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Axel, Rumate., Dennis, Najoan., & Sugiarso, Brave A. (2017). “Rancang Bangun Aplikasi
Berbasis Android Untuk Informasi Kegiatan dan Pelayanan Gereja”, E-Journal Tehnik
Elektro dan Komputer Unsrat, 1-2. Manado: Universitas Sam Ratulangi.
Ayun, Primada, Qurrota, (2015). “Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam
Membentuk Identitas”, Jurnal Fakultas FISIP. Semarang: Universitas Diponegoro.
Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal Biro Komunikasi dan Layanan
Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan RI. (2013). “Komunikasi yang
Efektif”. Jakarta: Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal Biro
Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan RI.
Bovee, Cortland L, & Thill, John V. (2002). Komunikasi Bisnis 1, 33-35, terjemahan Sindoro,
Alexander. Jakarta: PT Prenhallindo.
Cangara, Hafied. (2000). Pengantar Ilmu Komunikasi, 17-20. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Chandra, Robby (1996). Teologi dan Komunikasi, Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
DeVito, Joseph A. (2011) Komunikasi Antar Manusia, terjemahan Agus Maulana, Jakarta:
Karisma Publishing Group.
Farkas, Meredith G. (2007). Social Software in Libraries. New Jersey: Building Collaboration
Communication and Community Online, Information Today Inc.
Fiske, John. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi, 1-6. Jakarta: Rajawali Press.
Handoko, T. Hani. (1995). Manajemen, 6-7. Yogyakarta: BPFE UGM.
Hanjani, Febyuka. (2014). “Peningkatan kebutuhan akan Media Sosial pada Remaja, salah
siapa?”, 3-4. Personal Growth Conseling and Development Center,
www.personalgrowth.co.id.
Kaplan, Andreas M., & Haenlein, Michael. (2010). “Social Media”, Journal of systems and
Information Technology. Paris, France: Emerald Group Publishing Limited, ESCP
Europe.
Kotler, Philip. (1995). Manajemen Pemasaran 1: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan
Pengendalian, 707-736, terjemahan Hermawan, Ancella Anitawati. Jakarta: Salemba
Empat.
Lim, Merlyna. “Klik yang Tidak Memantik; Aktifisme Media Sosial di Indonesia”, eJurnal
Komunikasi Indonesia, 2014.
Mansour, Fakih. (2006). Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi, 2-3. Yogyakarta: Insist
Press dan Pustaka Pelajar.
McLuhan, Marshall. (1994). Understanding Media: The Extension of Man, 427. London: The
MIT Press.
Mulyana, Deddy (1998). Ilmu Komunikasi, suatu Pengantar, 61-67. Bandung: ROSDA
Ohmae, Kenichi. (1991). Dunia Tanpa Batas, Kekuatan dan Strategi di Dalam Ekonomi yang
Saling Mengait, 230-231, terjemahan Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara.
Rusmana, Agus. (1998). Dinamika Informasi dalam Era Global, Peran Informasi dalam Era
Globalisasi, 120-123. Bandung: ROSDA.
Suryadi, Bambang. (2017). “Generasi Y, Karakteristik, Masalah dan Peranan Konselor”, 4-6.
Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Suyanto, M. (2003). Multimedia, Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, 23-24.
Yogyakarta: ANDY OFFSET.
Tafonao, Josua., Belasunda, Riksa., & Rahmansyah, Aris. (2017). “User Interface Aplikasi
berbasis Android untuk Gereja Kemenangan Iman Indonesia cabang Bandung”, 47, e
Proceeding of Arts and Design, Program Studi Desain Komunikasi Visual. Bandung:
Universitas Telkom.
Thamrin, Gandadinata. (2021). “Analisa Citra Penggunaan Media Sosial (Whatsapp dan
Line) Sebagai Sarana Komunikasi Kegiatan Gereja yang Efektif”, Journal of Theology
and Christian Education. Jakarta: Diligentia.
Werner, Severin., & Tankard, James W. (2005) Teori Komunikasi; Sejarah, Metode & Terapan di
dalam media Massa, 3-4. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 YADA : Jurnal Teologi Biblika dan Reformasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.