Efektifitas Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi Pemuda Gereja

Authors

  • Christopher N T Mahasiswa Jurusan Elektro UPH Karawaci
  • Gandadinata Thamrin Dosen Psikologi UPH Karawaci

Keywords:

media sosial, signifikansi, skala familiaritas, skala favorabilitas, sarana komunikasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial
Facebook, Twitter, Whatsapp, Intagram dan Line, dapat digunakan sebagai sarana
komunikasi pemuda di gereja. Penelitian ini dilakukan terhadap 762 mahasiswa Kristen
Universitas Pelita Harapan, Karawaci. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
Analisa Citra dengan Skala Familiaritas dan Skala Favorabilitas. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya persentase beberapa media sosial yang digunakan lebih tinggi dari
media sosial lainnya sehingga hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi
akademisi, peneliti dan praktisi pemimpin gereja seperti pendeta, pastor, majelis, dan
penatua.

References

Alo, Liliweri. (1994). Perspektif Teoritis Komunikasi Antar Pribadi, suatu Pendekatan ke arah

Psikologi Sosial Komunikasi, 8-11. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Axel, Rumate., Dennis, Najoan., & Sugiarso, Brave A. (2017). “Rancang Bangun Aplikasi

Berbasis Android Untuk Informasi Kegiatan dan Pelayanan Gereja”, E-Journal Tehnik

Elektro dan Komputer Unsrat, 1-2. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Ayun, Primada, Qurrota, (2015). “Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam

Membentuk Identitas”, Jurnal Fakultas FISIP. Semarang: Universitas Diponegoro.

Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal Biro Komunikasi dan Layanan

Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan RI. (2013). “Komunikasi yang

Efektif”. Jakarta: Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal Biro

Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan RI.

Bovee, Cortland L, & Thill, John V. (2002). Komunikasi Bisnis 1, 33-35, terjemahan Sindoro,

Alexander. Jakarta: PT Prenhallindo.

Cangara, Hafied. (2000). Pengantar Ilmu Komunikasi, 17-20. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Chandra, Robby (1996). Teologi dan Komunikasi, Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

DeVito, Joseph A. (2011) Komunikasi Antar Manusia, terjemahan Agus Maulana, Jakarta:

Karisma Publishing Group.

Farkas, Meredith G. (2007). Social Software in Libraries. New Jersey: Building Collaboration

Communication and Community Online, Information Today Inc.

Fiske, John. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi, 1-6. Jakarta: Rajawali Press.

Handoko, T. Hani. (1995). Manajemen, 6-7. Yogyakarta: BPFE UGM.

Hanjani, Febyuka. (2014). “Peningkatan kebutuhan akan Media Sosial pada Remaja, salah

siapa?”, 3-4. Personal Growth Conseling and Development Center,

www.personalgrowth.co.id.

Kaplan, Andreas M., & Haenlein, Michael. (2010). “Social Media”, Journal of systems and

Information Technology. Paris, France: Emerald Group Publishing Limited, ESCP

Europe.

Kotler, Philip. (1995). Manajemen Pemasaran 1: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan

Pengendalian, 707-736, terjemahan Hermawan, Ancella Anitawati. Jakarta: Salemba

Empat.

Lim, Merlyna. “Klik yang Tidak Memantik; Aktifisme Media Sosial di Indonesia”, eJurnal

Komunikasi Indonesia, 2014.

Mansour, Fakih. (2006). Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi, 2-3. Yogyakarta: Insist

Press dan Pustaka Pelajar.

McLuhan, Marshall. (1994). Understanding Media: The Extension of Man, 427. London: The

MIT Press.

Mulyana, Deddy (1998). Ilmu Komunikasi, suatu Pengantar, 61-67. Bandung: ROSDA

Ohmae, Kenichi. (1991). Dunia Tanpa Batas, Kekuatan dan Strategi di Dalam Ekonomi yang

Saling Mengait, 230-231, terjemahan Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara.

Rusmana, Agus. (1998). Dinamika Informasi dalam Era Global, Peran Informasi dalam Era

Globalisasi, 120-123. Bandung: ROSDA.

Suryadi, Bambang. (2017). “Generasi Y, Karakteristik, Masalah dan Peranan Konselor”, 4-6.

Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Suyanto, M. (2003). Multimedia, Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, 23-24.

Yogyakarta: ANDY OFFSET.

Tafonao, Josua., Belasunda, Riksa., & Rahmansyah, Aris. (2017). “User Interface Aplikasi

berbasis Android untuk Gereja Kemenangan Iman Indonesia cabang Bandung”, 47, e

Proceeding of Arts and Design, Program Studi Desain Komunikasi Visual. Bandung:

Universitas Telkom.

Thamrin, Gandadinata. (2021). “Analisa Citra Penggunaan Media Sosial (Whatsapp dan

Line) Sebagai Sarana Komunikasi Kegiatan Gereja yang Efektif”, Journal of Theology

and Christian Education. Jakarta: Diligentia.

Werner, Severin., & Tankard, James W. (2005) Teori Komunikasi; Sejarah, Metode & Terapan di

dalam media Massa, 3-4. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Christopher N T, & Gandadinata Thamrin. (2023). Efektifitas Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi Pemuda Gereja. YADA : Jurnal Teologi Biblika Dan Reformasi, 1(2), 29–40. Retrieved from https://journal.sttpadonaybatu.ac.id/index.php/YJTBR/article/view/20